Kamis, 04 November 2010

Internet , Jaringan Multi Protokol

Diposting oleh maria di 04.53
Internet , Jaringan Multi Protokol

Komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan protokol, yang merupakan sekumpulan aturan atau kesepakatan tentang cara berkomunikasi antar komputer. 

Terdapat banyak protokol standar yang biasa digunakan, seperti DECnet, SNA, IPX, dan Appletalk, tetapi untuk benar-benar dapat saling berkomunikasi, dua komputer harus menggunakan protokol yang sama pada waktu yang sama.

Sebagai analogi dalam kehidupan sehari-hari, protokol bisa disamakan dengan bahasa. Jika Anda berbahasa Indonesia dan teman Anda berbahasa Jepang maka Anda berdua tidak akan saling mengerti satu sama lain, tetapi apabila Anda dan teman Anda berbahasa Inggris maka dapat saling mengerti. Nah, bahasa itulah yang dimaksud dengan protokol.
Dalam aplikasinya pada dunia jaringan komputer, masing-masing jaringan bisa saja menggunakan protokol yang berbeda-beda. Tetapi ketika tiap-tiap jaringan komputer dengan protokol yang berbeda tersebut hendak saling berkomunikasi, misalkan melalui jaringan internet, maka tiap-tiap jaringan komputer harus menggunakan protokol yang sama. Protokol yang digunakan dalam internet adalah TCP/IP, yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Jadi, setiap komputer yang ingin berkomunikasi di Internet harus mampu "berbahasa" TCP/IP.

Dikembangkan pertama kali oleh DARPA pada tahun 1970-an, TCP/IP sebenarnya merupakan bagian dari sebuah eksperimen dalam internetworking, yaitu menghubungkan berbagai jenis jaringan dan sistem komputer. Pertama digunakan di ARPANET pada tahun 1983, TCP/IP juga diimplementasikan dan berlaku untuk komputer-komputer yang menjalankan Berkeley Software Distribution (BSD) dari sistem operasi Unix.
Pada pengembangannya, TCP/IP yang dikembangkan menggunakan dana publik menjadi bahasa yang terbuka dan dapat diimplementasikan pada komputer jenis apa saja saat ini. Tak ada satu perusahaan raksasa pun yang 'memiliki' TCP/IP, tidak IBM, tidak DEC, tidak juga Novell. TCP/IP menjadi milik siapapun, milik publik yang ingin mengembangkan hardware/software untuk koneksi jaringan.
Meskipun demikian, ternyata TCP/IP bukanlah satu-satunya protokol yang dianggap "terbuka." Sejak awal 1980-an, International Organization for Standardization (ISO) telah mengembangkan Open System Interconnection (OSI) protokol. Jadi, meskipun sebagian besar komputer berbahasa TCP/IP, Internet secara resmi tetap dianggap sebagai jaringan "multi-protokol".

0 komentar on "Internet , Jaringan Multi Protokol"

Posting Komentar

 

MARSWA Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez